Ma’na Logo Daar El Hasanah, Islamic Boarding School, Jawilan, Serang – Banten.

Keterangan : 

  1. Garis Pinggir Tebal : Menandakan Kedalaman Ilmu, bentuk bulat persegi 8 menandakan bahwa hidup itu selalu berubah banyak halangan dan rintangannya, terlebih menuntut ilmu itu banyak sekali godaannya namun kita harus tetap berjuang dan bersabar, serta tuntutlah ilmu di 8 penjuru angin (kejarlah ilmu dimana aja/ manca negara).
  2. Setelah Ilmu kita dapatkan maka tetaplah istiqomah dalam mengamalkan ilmu itu, tidak dipandang banyak atau sedikit ilmu yang kita miliki namun seberapa siap istiqomah kita dalam mengemban tugas dakwah yang penuh aral dan rintangan itu, tetap berjiwa putih/islam tidak akan pernah beralih keagama yang lain.
  3. Korelasinya sama dengan nomor 2 namun kita harus lebih untuk berbuat ihsan.
  4. Tulisan arab artinya bahwa Pondok Peradaban Daar El Hasanah walau berbasis lokal tapi berwawasan internasional yaitu dengan pengkajian dan pendalaman B.Arab dengan tujuan untuk mempelajari dan mengamalkan Al Qur’an, Hadist dan Kitab Kuning.
  5. Cahaya keilmuan akan senantiasa terpancar bagi orang-orang yang selalu istiqomah mengamalkan ilmunya. Keilmuan seseorang harus senantiasa seimbang antara ilmu Agama dan ilmu Umum. Jumlah garisnya berjumlah 13 menandakan bahwa Ponpes Daar El Hasanah telah dirumuskan sejak tahun 2013 yaitu pada tanggal 18 (sesuai jumlah kotak-kotak pada gambar menara Banten bagian bawah), dan bulan 10 ((sesuai jumlah kotak-kotak pada gambar menara Banten bagian atas).
  6. Menara Banten artinya bahwa Ponpes Peradaban Pusatnya di Provinsi Banten, yang telah dirintis mulai dari Kp. Lame, Rt/Rw 013/004, Desa Carenang Udik, Kec. Kopo, Serang – Banten, hingga beralih ke Jl. H. Sardali, Kp. Dukuh Sabrang, Desa/Kec. Jawilan, Serang – Banten.
  7. Inti daripada Daar El Hasanah adalah logo ditengah berbentuk hati berwarna putih, artinya bahwa setiap santri dan kita yang datang ke Ponpes Daar El Hasanah (baik yang mau belajar, studi banding, penelitian, silaturrahim, dll) harus diawali dengan niat hati yang baik, niat yang kholis/tulus karena Allah dan setiap santri dan kita semua harus senantiasa berbuat hasanah (berbuat baik), berhati baik, berakhlak baik terhadap sesama manusia dan terhadap semua makhluk hidup didunia ini agar kita bisa selamat Dunia dan Akhirat.
  8. Gambar Al Qur’an dan Kutub, artinya kita sekalian harus senantiasa berpega teguh terhadap Al Qur’an dan Assunnah, belajar mengkaji dan menghafal Al Qur’an dan Hadist-hadistnya.
  9. Gambar peta Indonesia artinya bahwa : Daar El Hasanah memiliki cita-cita dan keinginan untuk mengembangkan dan mendirikan pondok cabang bukan hanya di Banten tapi diseluruh wilayah Republik Indonesia bahkan dimanca Negara.
  10. Warna hijau
    memiliki arti : Simbol Alam, Kesejukan, keberuntungan, dan kesehatan. Warna
    Hijau melambangkan alam, kehidupan, dan simbol kesuburan. Selain itu warna
    hijau juga dapat diartikan dengan adanya suatu keinginan, ketabahan dalam
    menghadapi masalah, kepribadian keras untuk berjuang, berkuasa dengan rendah hati. Warna ini mempunyai sifat :
    menyegarkan, membangkitkan energi, memberi efek menenangkan, menyejukkan,
    menyeimbangkan emosi, meningkatkan rasa bangga, rasa bahagia, dan perasaan
    percaya diri. Nuansa hijau dapat meredam stres, memberi rasa aman dan
    perlindungan. Yang terpenting warna hijau adalah warna Sunnah dan kesukaan Rosulullah SAW.
  11. Tulisan B. Inggris artinya bahwa para santri selain menguasai B.Arab juga harus menguasai B. Inggris sebagai bahasa internasional, walau berbasis lokal (dari kampung lebih miris lagi orang menyebutnya dengan daerah pinggiran atau tertinggal) namun tetap kita berwawasan internasional.
  12. 2013 M dan tulisan Hijriah adalah tahun Daar El Hasanah kali pertama dirintis, walau hanya sekedar nama pada waktu itu.
  13. Bintang menandakan ketaatan dan ketaqwaan.

Wallahu a’lam

Thx Mudir Daar El Hasanah

(KH. Bakroni Latar, S.Pd.I, Lc, MM – Pendiri DH)

 

Download Ma’na Logo Daar El Hasanah Klik Disini